PTK Bahasa Indonesia

Silahkan Hubungi Pemasaran (085790351119)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS…………  KABUPATEN………….. TAHUN PELAJARAN 2008/2009 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW

PTK

Diajukan Untuk……..

Oleh
…………………..
Nip ………………..

kec……
kab……..
OKTOBER 2009

 

 

 

ABSTRAK
…………….. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Sekilas Siswa Kelas ………….., Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/ 2009 Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kata Kunci : kemampuan membaca sekilas, pembelajaran kooperatif model jigsaw

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca sekilas siswa kelas……… V.Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2008/ 2009.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yakni suatu penelitian dengan pembelajaran reflektif yang dilaksanakan melalui siklus oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu dipecahkan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Kemampuan membaca sekilas siswa meningkat dengan adanya pembelajaran kooperatif model Jigsaw yang diterapkan membuat siswa lebih mudah siswa mulai bisa memahami teks bacaan, memahami hubungan antarhal, sebab akibat, perbedaan dan persamaan antarhal dalam bacaan; (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses belajar dalam kegiatan membaca sekilas. Peningkatan kualitas proses belajar; dan (3) Secara umum terjadi peningkatan kemampuan membaca sekilas melalui pembelajaran kooperatif model Jigsaw Hasil analisis data pada siklus I jumlah siswa yang nilainya >65 atau dalam kategori tuntas adalah 5 anak atau mencapai (27,78%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,11. Pada siklus 2, jumlah siswa yang memperoleh nilai >65 atau dalam kategori tuntas sebanyak 12 anak atau mencapai (66,67%) dengan nilai rata-rata kelas 70,28. Pada siklus 3, jumlah siswa yang memperoleh nilai >65 atau dalam kategori tuntas sebanyak 17 anak atau mencapai (94,44%) dengan nilai rata-rata kelas 76,11.Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dilaksanakan dengan baik dan pemahaman materi yang diterima siswa juga baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan membaca sekilas, yaitu dengan meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal, nilai rata-rata kelas dari tiap siklus sampai akhir pembelajaran.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s