Standarisasi nilai ujian akhir nasional (UAN)

MADIUN-Penetapan standarisasi nilai ujian akhir nasional (UAN) yang meningkat setiap tahun, membuat sebagian besar siswa mencari alternatif agar lebih intensif ketika belajar. Salah satunya, mengikuti bimbingan belajar (Bimbel). Setiap tahun jumlah siswa yang mendaftar di sini terus meningkat, ujar Sari Wahyuningsih, Kepala Cabang Primagama Madiun, kemarin (15/10).

Menurutnya, melonjaknya jumlah peminat disebabkan, orang tua siswa semakin sadar pentingnya bimbel untuk menunjang prestasi siswa. Karena bimbel dapat mengajarkan cara-cara cepat untuk menyelesaikan latihan soal. Dia mengatakan, agar dapat bersaing dengan sejumlah bimbel, maka metode pembelajaran terbaru terus diusahakan Primagama. Karena keberhasilan siswa, menjadi tolak ukur kualitas dari bimbel ini. Sari mengaku, ada beberapa metode terbaru yang dipakai siswanya saat ini, yaitu Smart Solution dan Problem Solving. Untuk smart, berupa rumus singkat dalam mengerjakan soal. Siswa memperoleh cara cepat menyelesaikan materi. Sehingga tidak terlalu makan waktu untuk menyelesaikanya, terangnya. Sedangkan metode kedua merupakan antisipasi kesulitan siswa, saat memahami materi yang diperoleh dari sekolah.

Sari mengatakan, PS diberikan 15 menit di awal tatap muka.
Selain metode, Primagama juga menekankan evaluasi perkembangan anak didiknya. Menurut Sari, setiap satu bulan diadakan test standar untuk seluruh mata pelajaran yang diberikan. Dari tes tersebut, kami akan mengetahui kesulitan siswa terhadap mata pelajaran tertentu. Apabila diketahui sejak dini, kami dapat memberikan solusi terbaik untuk siswa, katanya. Sedang untuk fasilitas tambahan, siswa dapat memanfaatkan hot spot yang tersedia. Selain itu, juga disediakan ruang komputer gratis untuk siswa. Menurutnya, fasilitas tersebut dapat membantu siswa untuk memperoleh informasi terbaru tentang pendidikan. Untuk materi yang mmebutuhkan peralatan tambahan untuk menerangkan, kami sediakan LCD proyektor, tuturnya.

Sari menambahkan, selain program reguler untuk SD, SMP dan SMA, Primagama juga memiliki program intensif intensif khusus (Pikse) untuk lulusan SMA yang akan menempuh Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dia menuturkan, program tersebut berlangsung satu bulan menjelang tes ini. Kami wajibkan siswa datang setiap hari, sedangkan tatap mukanya tetap 90 menit, jelasnya. Dikatakan, selama satu bulan, membahas latihan soal SNMPTN dan praktek try out. Selain itu, siswa akan memperolah konsultasi gratis yang bersifat klasikal yang berupa pengetahuan tentang kuliah dan pilihan perguruan tinggi. Sedang konsultasi individu, berupa pendampingan untuk menentukan jurusan yang dituju.
Selain itu, Primagama juga menawarkan program transfer bimbel. Program ini membantu siswa untuk lebih dekat dengan lokasi tes SNMPTN. Bila menginginkan paket tersebut, kami bisa membentu mencarikan lokasi pemondokan, dan pembelian fomulir. Untuk biaya bimbel, disesuaikan dengan dengan bimbel yang dituju, ujarnya. Sari mengatakan, jika siswa ingin transfer bimbel di daerah asal Primagama, Jogjakarta, akan memperoleh pelayanan lebih. Yaitu memperoleh pemondokan, transport, konsumsi, gladi bersih latihan soal hingga pembelian formulir.
Sementara, pemberian metode terbaru dan fasilitas tambahan juga diberikan Bimbingan belajar asal kota Bandung, Sony Sugema Collage (SSC) yang terletak di Jalan Thamrin. Menurut Umi Hanik salah satu Staf Managemant, setiap siswa SSC memperolah metode learning revolution. Metode pembelajaran ini lebih mengutamakan konsep materinya, setelah menguasainya, baru kami berikan rumus cepat atau tehnik cek point ketika mengerjakan soal, ujar Umi. Dia menuturkan, metode ini diyakininya dapat membantu kesulitan siswa. Pasalnya setiap soal yang dikerjakan siswa memiliki karakter pengerjaan sendiri. Sehingga beberapa soal belum tentu cocok dikerjakan dengan rumus cepat. Sedang fasilitas yang lain, berupa satu komputer disetiap kelas. Komputer tesebut dilengkapi akses internet yang dapat dipakai sewaktu-waktu oleh siswa. Selain itu, sediakan ruang multimedia yang berisi home theatre. Ruangan ini kami peruntukan bagi sejumlah mata pelajaran. Seperti bahasa inggris dan Matematika, katanya.
Umi mengatakan, kelas intensif untuk lulusn SMA yang ingin melanjutkan ke PT juga ada di SSC. Dia menuturkan, kelas tersebut berlangsung setiap bulan dan siswa terus digodok melalui dua cara yaitu, try out makro SSC (berisi sola standar SSC) dan try out akselerasi (soal standar SNMPTN). Selain itu, juga disediakan fasilitas transfer siswa ke SSC yang berada di Surabaya.

(Sumber Radar Madiun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s