Berapa Lama Bayi Sebaiknya Tidur ?

Kebutuhan tidur bayi anda tentu berbeda dengan kebutuhan tidur orang dewasa. Karena hal ini banyak orang tua bertanya-tanya berapa lamakah tidur yang sehat dan cukup untuk perkembangan bayi sesuai dengan usianya.

Di awal minggu kelahiran, bayi anda sepertinya tidur sepanjang waktu, namun sejalan dengan waktu dan perkembangan fisiknya waktu tidur bayi semakin berkurang. Untuk kebanyakan bayi hingga 6 atau 7 minggu pertama mereka akan tidur nyenyak sepanjang malam, berikut ini panduan kebutuhan tidur bayi secara umum sesuai dengan umur mereka.

  • Lahir hingga 6 atau 7 minggu. Bayi baru lahir membutuhkan tidur antara 16 s/d 20 jam sehari.
  • 1 s/d 3 Bulan. Bayi pada tahap ini akan membutuhkan sekitar 8 jam malam hari dan 8 jam siang hari, sehingga total 16 jam sehari.
  • 3 s/d 6 Bulan. pada tahap ini, tidur di waktu malam meningkat dan di waktu siang berkurang. Bayi anda akan membutuhkan tidur sekitar 10 jam di waktu malam dan antara 3 sampai 5 jam di waktu siang.
  • 6 s/d 9 Bulan. Bayi pada tahap ini akan tidur lebih panjang lagi di waktu malam. Sekitar 11 jam di waktu malam dan 2 sampai 3.5 jam di waktu siang.
  • 9 Bulan s/d 1 Tahun. Waktu tidur malam stabil sekitar 11 jam, namun waktu siang berkurang menjadi sekitar 2 atau 3 jam.
  • 1 Tahun hingga 18 Bulan. Pada masa ini tidur malam bertambah sekitar 11.5 jam dan tidur siang berkurang menjadi 1 atau 2 Jam dan pola tidur siang ini akan bertahan hingga mereka berumur 4 tahun (atau berhenti disaat mereka sudah tidak lagi tidur siang).
  • 18 Bulan s/d 3 Tahun. Tidur malam akan berkurang sekitar setengah jam setiap 6 bulan sekali, sehingga ketika mereka berumur 3 Tahun bayi anda akan tidur sekitar 10.5 Jam, dan tidur siang akan tetap sama (1 s/d 2 jam)

Jika bayi anda terlalu banyak tidur (jauh melebihi waktu maksimal panduan diatas) dapat saja itu merupakan pertanda adanya suatu masalah. Jika bayi anda menolak tidur juga merupakan pertanda ada masalah kesehatan. Jika anda melihat pertanda diatas sebaiknya anda menghubungi ahli kesehatan anak (dokter spesialis anak) untuk mendapat penjelasan dan pemeriksaan lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s