Kaidah Memberi nama anak

Beberapa Kaidah yang waib di ikuti ketika memberi nama anak antara lain:

  1. Nama-nama ketuhanan yang patut disembah (uluhiyyah), seperti : hidup kekal, hidup sebelum ada sesuatu dan tetap kekal sesudah segala sesuatu tiada, Maha kuasa dan mampu berbuat apa saja yang dikehendaki-Nya, Maha Mengetahui segala apa yang terang dan yang gaib, yang satu, esa dan tunggal tidak beranak dan tidak diperanakkan.
  2. Nama-nama dan sifat Rububiyyah yang hanya dapat dilakukan oleh Allah saja, seperti Pemberi Rezeki, Tempat bermohon dan bergantung, Maha Pemberi keamanan, Pelindung, Maha Pemberi Ketentraman dan kedamaian, Maha pemegang, Penahan dan Pelepas dan lain-lain.
  3. Nama dan sifat pengawas serta pengontrol, seperti Maha Mendengar, Melihat dan Menghitung.
    Nama-nama dan sifat-sifat yang disenangi hati, seperti Maha Pengampun dan Pemaaf, Maha Kasih, Maha Mensyukuri hanba-Nya yang berbuat kebajikan.
  4. Nama-nama dan Sifat-sifat yang wajib kita contoh untuk perbaikan ahlak kita, seperti Pema’af, Yang Mengasihi, Penyayang, Penyantun, Tenang, Bijaksanan dan Sabar, Pemurah, Kuat, Terpuji, Yang Baik, Adil, Kaya, Bermanfaat dan memberi petunjuk.
    Untuk penggunaan nama-nama dan sifat-sifat yang Uluhiyyah dan Rububiyyah, kita harus memakai kata Abdu (hamba), dan yang paling khusus ialah Allah dan Arrahman yang tidak boleh disifatkan kepada selain Allah.
  5. Allah SWT mensifatkan beberapa orang nabi dan rasul dengan sifat-sifat Allah SWT, seperti kepada Rasulullah Muhamad SAW dengan Rauf dan Rahim. Misalnya dalam firman-Nya : “Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (At Taubah ayat : 128)

“Berahlaklah dengan ahlak Allah.”
Untuk nama-nama Allah yang bersifat akhlaqi orang dapat memakainya tanpa didahului dengan Abdu, tetapi harus dengan ketentuan anggapan bahwa sifat itu terbatas kepada sifat manusiawi dan bukan sifat Ilahi. Nama-nama tersebut seperti : Rahim, Malik, Aziz, Latif, Halim, Almuiz li Dinillah, Bashirah, Badi’ah, Karimah, Nafi’ah, ra’uf, Majid, Afuwwu, Rosyid, Wakil, Wali, Waali, Qowi, Matinm Syakur, Ghoni.

One comment on “Kaidah Memberi nama anak

  1. I’m truly enjoying the design and layout of your website. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant
    for me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your
    theme? Outstanding work!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s